Dibalik pembuatan PPAP: Program Pelayanan Akademik PKN-STAN


Hey hoy Free Man! Udah lama meninggalkan dunia per-blogging-an karena kesibukan di kampus, akhirnya gua comeback dengan memposting kategori baru, tugas kuliah (lul). Jadi, kali ini gua mau posting gimana sih proses gua dan temen-temen kelompok gua dalam mengerjakan salah satu tugas dari mata kuliah Praktikum Aplikasi Keuangan Negara yaitu membuat semacam penelitian ilmiah terkait dengan teknologi informasi di sekitar kita. Kelompok 6 Kelas 5C yang terdiri dari gua Narits, Doni, dan Tomang, mengambil tema atau judul terkait sistem pelayanan akademik di PKN-STAN.

Karena kelompok kita terdiri dari pria-pria jantan, tentu saja untuk melakukan kerja kelompok itu susah banget. Biasanya kan kalo di kelompok ada cewenya, kerjanya jadi cepet ada yang cerewet, lah kelompok kita mah santai-santai ae nunggu deadline wkwk. Tapi jangan salah, walaupun gabisa dibilang maksimal 100%, hasil penelitian yang kita lakukan cukup memiliki manfaat dalam perbaikan sistem pelayanan akademik di PKN-STAN.

Kita mengambil tema atau judul itu karena dirasa masih ada sesuatu yang kurang dari sistem pelayanan akademik di PKN-STAN. Entah itu dari segi sistemnya sendiri ataupun dari keefektifan dan efisiensi pelayanannya. Sebagai contoh, ketua kelas harus pulang pergi ke gedung A untuk booking atau pindah ruangan untuk jadwal pengganti. Atau jika ada fasilitas ruang perkuliahan yang rusak, ketua kelas melapor ke bagian aset yang letaknya tidak begitu dekat dengan gedung perkuliahan. Jadi intinya, masih bisa ko sistem pelayanan itu diperbaiki agar lebih efektif dan efisien dengan memanfaatkan teknologi informasi.

Nah, jadi dalam penelitian itu, kita menginisiasi untuk membuat sebuah aplikasi bernama PPAP, bukan, bukan Pen Pineapple Apple Pen, tapi Program Pelayanan Akademik PKN-STAN. Waktu itu memang lagi booming-boomingnya lagu PPAP dan karena biasanya singkatan-singkatan di pemerintahan unik-unik seperti SAKTI, SABUN, dan lain-lain, jadi kita menetapkan PPAP sebagai nama aplikasi yang kita usung.

PPAP ini merupakan aplikasi yang bisa digunakan di berbagai platform seperti android dan i-OS, yang memiliki fitur-fitur seperti booking ruang kelas, lapor fasilitas yang rusak, pengumuman, bahkan chatting langsung dengan pihak sekretariat. Intinya, penelitian yang kita buat itu sangat dapat memungkinkan untuk diaplikasikan oleh pihak sekretariat dalam mengembangkan dan memperbaiki sistem pelayan yang sudah baik agar lebih baik lagi di kemudian hari. 

Dan sebenernya pengen posting foto pas kita kerja kelompok, cuman karena kita kerja kelompoknya online (lewat grup whatsapp, lul) jadi ga mungkin juga upload screenshot chattingan kita di grup wkwk. Tapi, biar ga garing-garing amat cuman teks doang, gua upload deh model aplikasinya kaya gimana biar ada bayangan.

Menu Login

Booking Jadwal


Lapor Fasilitas ruask

Pengumuman

Chatting

Soo, this is the end free man! Semoga aplikasi yang kita buat dapat bermanfaat bagi umat, Wassalamualaikum W W.

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 

Subscribe to our Newsletter

Contact Free

Email us: narits.culz@gmail.com

My Face History